Monday 21 May 2007

Schloss Laufen am Rheinfalls, Swiss


Jalan-jalannya di lanjutkan lagi menuju Schloss Laufen am Rheinfall yang terletak di Northern Switzerland dekat dengan perbatasan Jerman. Rheinfalls (Rhine Falls) ini merupakan air terjun terbesar di Eropa dengan lebar sekitar 150 meter, yahh..bandingannya jangan dengan Niagara Falls tentunya (he..he...kayak yg udah kesana aja minimal udah liat di gambar dan TV). Perjalanan kesini kita capai dengan menggunakan kereta api juga dari Zürich. Transportasi umum di sekitar Zürich tergabung dalam ZVV (Zürcher Verkehrsverbund), bisa menggunakan bis, tram, kapal atau kereta api. Untuk semua public transportation itu hanya diperlukan satu tiket saja. Jadi sama halnya juga dengan di Hamburg tiket HVV berlaku untuk naik bis, kereta (U-Bahn dan S-Bahn), kapal. Tiap negara punya aturan masing-masing, seperti di Italy misalnya tiket kereta api tersendiri, jika kita ingin pakai bis harus beli tiket lagi.

Bahasa yang digunakan disini juga Deutsch, cuman dengan dialek tersendiri, kadang nggak ngerti juga mereka ngomong apa, jadi pake bahasa Inggris ajalah. Ada juga istilah tersendiri yang berbeda, contohnya jika kita ingin beli tiket kendaraan umum di mesin otomat, kalo di Jerman Fahrkarten, di Swiss: Billete. Mereka bilang merci untuk terimakasih nggak danke kayak di Jerman. Untuk Drucken (push) disini stossen.

Jalan menuju Rheinfalls (Rhine Falls) ini serasa kita jalan-jalan di Maribaya, Bandung. Lumayan keringetan juga naik turun tangga, sampai dapet pemandangan yg paling jelas ke air terjunnya. Indah sekali pemandangan disini, jika mau bisa juga naik kapal/boat/Schiff sampai mendekati air terjun. Ini masih cerbung......silahkan menikmati pemandangan Rheinfalls, sampe di cerita berikutnya lagi.




Foto 2: Rheinfalls, Swiss



Foto 3: Rheinfall/Rhine Falls, Europa´s biggest waterfall




Foto 4 s/d 7: Pemandangan sekitar Rheinfalls

8 comments:

Bundanya Tiara said...

ih keren banget, aku pengen da ke swiss, tapi muahalllllllllllllllll jalan2 ke daerah sana mah...:-)

Bundanya Tiara said...

pengennnnnnnnn bangetttttttttttttttttttttttttttttt hehehehehheehe

Lita Uditomo said...

subhanallah...bagus banget pemandangannya...

jadi pengen jalan2 ke sana..:D

ditunggu kelanjutan ceritanya ya

Anonymous said...

Liat foto pemandangannya keren2 ya..jadi pengen ke sana hehehe...

Thanks dah mampir ke t4 Akbar ya...saya link blognya ya biar sering maen....

Miming said...

jadi pingggiiinnnn juga jalan2 ke sana*entah kapan ya*

Arqi's mom said...

lam kenal ante retno, wah asik yah ternyata rheinfall ini...kalau dari zurich bisa pake kendaran pribadi gak yah ke sini...

Mamah Ani said...

waaaah luar biasa ya pemandangannya....alhamdulillah diberi kesempatan melihat keindahan ciptaanNya....

rini said...

fotonya aja keren asli pasti kereeennn banget