Wednesday 19 September 2007

Karneval der Kulturen Hamburg 2007



The colorful carnival parade is the international Northern Germany happening. Participants from 80 immigrated countries show their true colours. They all help to cooperate peace- and respectfully in Hamburg and its neighborhood.
(Source: http://www.karneval-kulturen-hamburg.de)

Sabtu 15 September, Tim Indonesia ikut serta dalam Karneval der Kulturen Hamburg 2007, keikutsertaan tim Indonesia ini di motori mbak Dyah Narang Huth, pendiri IKAT Agentur , Fosbi (Forum Seni Budaya Indonesia) dan didukung KJRI Hamburg (klick aja untuk liat fotonya). Masih dalam suasana berpuasa, anak-anak dan remaja Indonesia di Hamburg tetap bersemangat menempuh route karnaval yang kira-kira ada 7 km. Themanya kali ini warna-warni Indonesia. Foto-foto karnaval lainnya dapat dilihat disini.



Persiapan dandan sudah dimulai dari jam 10.00 di KJRI Hamburg, para ibu ikutan sibuk merias anak-anak. Jam 12 teng udah mulai start, tim Indonesia dapet nomer urut 40 di barisan hampir terakhir, berhubung datangnya agak belakangan. Ibu dan Bapak yang putra/putrinya ikut karnaval akhirnya ikut juga jalan mengikuti peserta, yah..itung-itung sambil sport dan ngabuburit. Yang masih kecil naik ke mobil bak terbuka, kapan lagi naik mobil terbuka....di jerman!. Kalo nggak karena karnaval di tanggung bakal di tangkep Polizei (Polisi). Si Dedek seneng juga ikutan naik ke bak mobil...katanya seperti di Indonesia. Juri dan juru foto profesional sudah siap nongkrong di Jungfenstieg depan danau Alster. Disinilah seluruh peserta beraksi memamerkan tarian dan musiknya. Setelah lewat dari tempat juri,.... langsung deh para remaja yang tadinya jalan kaki berhamburan ikutan naik ke mobil bak terbuka, khan pada puasa...capek deh! . Sementara route yang harus dijalani masih ada.

Walaupun kali ini tim Indonesia belum berhasil menempati predikat juara, paling tidak ikut berpartisipasi mempromosikan budaya Indonesia. Yang beruntung menjadi juara I kali ini Organisasi Pemuda Malca e.V. membawakan tema Tarian Diablada dari Bolivia diiringi musik live dari pegunungan Anden. Disusul oleh Por una Columbia dan terakhir "Stelzensippe" dari Bremen-Huchting. Memang peserta dari negara lain ini selain didukung sound system yang memadai, tarian yang kompak, peserta yang cukup banyak dan modal tentu saja.


18 comments:

Anonymous said...

Ada karnaval yaa...dalam rangka apa neh...
Duh itu orang-orang Indo pakai pakaian daerah semua ya..duh sayang kalah ya..padaal udah keren2 cantik2 yaa..kali kurang unik kali yaa...tahun depan kali bisa menang yaa...

Retno Prihadana said...

widie: udah aku tambahin tuh wid. Waktu karnaval yg di Frankfurt menang juara 2. Karena masih suasana Puasa jadi peserta pendukung tim Indonesia kurang banyak.

WayanLessy said...

Wah mbak Retno makasih banyak ya atas Foto2nya..:)) uiii..footoku jadi merak birunya ikutan mejeng euyy....

saya belom posting ttg karnaval juga sih heheeh abis bingung apa yang mau ditulis..numpang postingan mbak Retno aja ahhh..boleh ya mbak..jadi nanti kalo saya posting judulnya karnaval ..saya link ke sini huehehehehe..

Elvi said...

Wuah kelihatannya sudah mulai dingin disana yach? Jadi lucu liat pakaian adat berlapis dengan baju lengan panjang ha ha... Mbak foto2nya bagus sekali. Cuma yg bikin aku penasaran sampe sekarang aku blm pernah liat foto mbak retno... jd krn blm tau gmn orgnya, jadi yach macam2 dech imagenya! Yg jelas orgnya pinter buanget...ya masak, ya motret dll... aku jd byk belajar nih dgn si mbak! Cerita puasa disini ntar kalo sempat aku pengen jg post kan, buat kenang2an kan?!

nug said...

foto2nya bagus2 mbak ... suwun yaa.. btw.. itu yg pake baju merak kuning siapa ya ..kok kayanya maniz sekali ..kikikik...

Vie said...

Carnival yg dr Indonesia kayaknya beragam deh. Warna-warni pakaian dr negara kita cantiiik sekali. Pokoknya gak kalah deh dengan negara laen. Fotonya bagus semuanya Ret!

Retno-nya kok gak ada ya???
Akukan pengen nengok juga, sapa tau ketemu dijalan... halaaah... biar gak dicuekin.

Retno Prihadana said...

Wayanlessy: monggo aja, fotomu yg lain waktu karnaval masih buanyakkkk lho, daripada disuruh nenteng tustelmu..hi..hi, mending tak potrekk aje.
Elvi: He..he, elvi bisa aja bikin aku semangat, yg jelas masih belajarrr, ya masak ya motret. Fotoku??? wah..nanti kapan-kapan ya, sementara lebih seneng motret daripada difoto.
Nug: Sing merak kuning yo manisss tho, siapa dulu dong ibunya, kek..kekk.
Vie: Klo ketemu, ya aku duluan dunk yg negor..hi...hi, khan aku udah liat fotomu di pejeng.

Lita Uditomo said...

iya, bener..fotonya bagus2 banget, ret ! seru ya bisa ikut karnaval dg negara2 lain..

btw, nyantai aja, ret..peer nya hukumnya ngga wajib kok..hehe..

lebaran tahun ini ngga mudik nih ?

Vina Revi said...

jadi inget aku pernah kejebak carnaval selama hampir empat jam (!) saat driving menyusuri New England area. huhuhu.
baju daerahnya bagus-bagus, deh! nyewa dimana tuh, Ret?

Me said...

Retno, makasih ya atas kunjungannya ke blogku. Nggak nemu SB di blog ini, jadi aku tinggalin pesen di sini nggak papa ya?
Blog & poto2nya bagus banget.

Diana Indah said...

wah..itu daughter-nya mba Retno ya...
Cantik !
Jadi penasaran juga ama ibu-nya. Ayo odng mba, seklai2 menampakkan diri..

Retno Prihadana said...

lita: Lebaran ini nggak mudik Lit.
vina revi: nggak nyewa vin, punyanya IKAT Agentur sama yg baju merak punya KJRI Hamburg.
Ani: Thanks kunjungan baliknya
Diana Indah: Yang cantik2 anaknya orang..hi..hi. Aku nggak punya anak cewek, cowok semua!.

Sayangku Ayone said...

OOT Mbak, aku ijin link blognya didapurku yaaa, makasih

ams said...

wah seneng juga bisa lihat photo ponakan (triani nur zahra) lagi ikutan karnaval...hmmm
Yang saya suka lagi ketika dikasih tahu tehniknik masuk ke kedai hamburg, selain saya suka masakan/makanannya, saya juga suka cara ambil gambarnya, wannamazing picture, dah lama jadi photografer yah mbak?

Salam,
Arief MS, menunggu kereta ke hamburg :D

Elyani said...

mbak Retno kenal sama mbak Dyah Narang ya? Tempo hari mbak Dyah sempat masuk Metro TV di acaranya Kick Andy menemani Kiyati yang orang Indo tapi diadopsi pasangan keluarga Jerman sejak usia 2 minggu kalau ga salah. Wah yang nonton acara itu semuanya berderai air mata karena terharu sekali dan aku suka banget sama mbak Dyah yang keibuan banget.
Oh ya mbak...blog ini aku add juga ya di blog ku? Danke :)

geka said...

Dik Retno, saya cari shoutbox & guestbook tidak ada, maka saya tulis disini. Saya kagum dengan blog nya dik Retno, jadi saya minta izin add blog ini ke blog saya : "Usia Senja".
Saya hanyalah pria tua, bertempat tinggal disatu desa kecil di Yogya dan senang nulis di blog.
Salam kenal dan salam untuk keluarga disana.

Retno Prihadana said...

sefa: seneng dong ada yg nge link, thanks ya.
Arif MS: wah...kapan nih nengok ponakannya ke Hamburg?. Tehniknik sempet cerita juga. Makasih kunjungannya ya. Waduh mas, ini mah photographer amatiran yg baru belajar motret.
Elyani: Thanks, udah aku add juga. Iya Kiyati itu kebetulan belajar Bhs. Indonesia sama mbak Dyah Narang Huth.
Guskoko: Terimakasih sudah berkunjung, udah saya add juga blognya.

Elsa said...

wah Hebat!!
meski puasa, tetep semangat membawa nama indonesia di karnaval ya

hebatnya lagi, indonesia gak kalah cantik dengan delegasi yang lain kan??